Repair Nokia 3110c Contact Service with ATF

Sebagai orang yang cuman mengandalkan UFS-3 TORNADO dalam Reparasi software, hari ini saya cukup senang. Senang karena tidak salah melakukan upgrade BOX Flasher ke ATF ( Advance Turbo Flasher ) dan juga menemukan kemudahan dalam perbaikan software mengunakan ATF.

Hari ini saya mendapatkan kasus Nokia 3110c Contact Service yang di akibatkan rusaknya area PM ( Permanen Memory ) sehingga saat kita melakukan cek mengunakan Box maka akan keterangan SECURITY TEST Failed :

Dari hasil LOG di atas maka kita dapat lihat kalo kita harus melakukan SX4 “PM AUTH” pada ATF dan hal ini akan di pandu terus oleh ATF, perbedaanya dengan dongle mxkey/ UFS-3 yaitu kita tidak akan menemukan panduan tersebut.

Kedua adalah ketika saya melakukan perbaikan SECURITY TEST failed dengan ATF, hal ini sangat mudah dan cepat jika di banding ketika saya melakukannya melalui mxkey.

Jika sebelum saya memiliki ATF, kasus seperti ini selalu saya selesaikan dengan mxkey meskipun memerlukan waktu yang cukup lama apalagi jika terjadi gangguan jaringan/server. Dan jika saya mengunakan Mxkey maka saya harus mencari File PM yang sesuai sedangkan di ATF hal ini tidak di perlukan karena sudah di sediakan.

Kemudahan kemudahan  inilah yang saya temui di ATF selama pengalaman saya bersama UFS-3, Mxkey, ATF dalam perbaikan software Nokia.

Untuk melihat langkah perbaikkan kasus 3110c Contact Service mengunakan ATF dapat anda lihat di bawah ini :

1. Sebelum menjalankan SX4 maka terlebih dahulu kita memastikan kalo Ponsel tsb telah terhubung dengan baik dengan Box.

Klik BUS Check/Scan Phone hasilnya akan seperti di bawah ini :

2. Setelah Ponsel dan Box sudah terkoneksi dengan baik saatnya kita menjalankan SX4.

Klik PM > ubah Section dan Sub Field > Stand Alone SX4 > SX4 PM AUTHORIZATION setelah anda menekan tombol “ 4 “ ini maka anda harus memilih file yang sesuai dan sudah di sediakan.

  • pada kasus ini maka file yang saya pilih itu ” RM-237 “

3. Setelah SX4 Auth Succcess maka hasilnya check akan seperti ini ( SECURITY TEST : PASSED ) :

4. Untuk perbaikan Simlocks maka langkahnya :

Imei and Locks > Repair Simlocks ( SL1 and SL2 ) > Execute Selected Task

5. Successfuly done.

Hasil scan akhir untuk memastikan jika tidak ada kerusakan lain pada bagian software.

Setelah langkah langkah di atas akhirnya ponsel tersebut kembali normal dan ini dapat anda lihat pada LOG di atas, semua telah terbaca dengan baik. O iya salah satu hal yang perlu di perhatikan adalah saat menjalankan langkah dia atas internet harus aktif, saya pribadi mengunakan koneksi dial-up dalam menjalankan langkah di atas dan cuman memerlukan waktu sekira 10menit. Saran, Kritikan dan Masukan silakan anda komentar di bawah,makasih…