Sparrow ( Burung Gereja )

Waktu kecil saya pernah mencoba memelihara burung gereja ini tapi ternyata burung ini punya satu sifat yang unik yaitu tidak boleh di pelihara, jika kita mencobanya maka yang terjadi burung tsb akan meninggal. Saya tidak tau kenapa begitu? Tapi sifat seperti ini saya suka ^_< ( spt prinsip yang kuat ).

Bahasa latin burung ini Passer montanus, burung ini populasinya cukup banyak di indonesia. Selain di Indonesia, burung ini juga dapat di temukan di Eropa dan Sebagian Negara di Asia walaupun peneliti peneliti percaya bahwa keberadaannya berasal dari daratan Afrika.

 

Di Inggris, hewan ini lebih dikenal dengan nama eurasian tree sparrow, di jepang dikenal dengan nama burung suzume, serta keceriaannya menginspirasi tarian tradisional jepang dalam perayaan Suzume Odori. Berbeda lagi dengan di Filipina dimana burung ini disebut Maya dan dianggap sebagai hewan simbol Negara Filipina.

Di Indonesia burung ini disebut burung gereja konon karena burung ini suka bernyanyi riang menyerupai paduan suara di gereja. Burung Gereja sebenarnya bernyanyi untuk melakukan komunikasi dengan sesamanya, proses pejantan menarik perhatian betina, atau panggilan untuk berkelahi.

Banyak kepercayaan lama yang mengatakan burung gereja adalah pembawa informasi kepada manusia. Contohnya adalah ketika burung-burung ini banyak berkicau di depan rumah, maka menandakan akan adanya kehadiran tamu dari jauh. Ada juga mitos yang mengatakan bahwa burung gereja ini memiliki kepekaan terhadap bencana dan seringkali memberitahukan tanda-tanda akan terjadinya bencana tersebut kepada manusia melalui tingkah lakunya yang aneh (tidak seperti biasanya). Mitos yang satu ini lebih dapat diterima akal sehat. Sebagai contoh, burung gereja akan terbang tidak beraturan dan bahkan akan menabrak apa saja yang ada di depannya termasuk dinding-dinding rumah, kaca, pohon dan lainnya ketika akan terjadi gempa bumi. Hal tersebut disebabkan burung-burung tersebut kehilangan daya navigasi akibat gaya magnetik bumi yang kacau saat terjadinya gempa.

Saat ini di seluruh dunia terjadi penurunan populasi burung Gereja. Penelitian di Inggris menyebutkan kini populasi burung gereja merosot hingga 95 persen dalam kurun waktu 30 tahun. Dugaan sementara mengarah pada konversi lahan pertanian dan penggunaan herbisida dan insektisida yang membunuh sumber-sumber pangan mereka, seperti biji-bijian dan serangga.

Ini adalah salah satu karya anak bangsa yang terinspirasi dari hewan ini.

Mp3 Burung Gereja by Nugie

Link : http://www.4shared.com/get/ukJddiqa/Nugie__BURUNG_GEREJA__-_Burung.html

 

Dan di sini terdapat salah satu galeri burung gereja yang saya kutip dari sang fotografer Sabdo Bintoro Sudarto, jepang :

————————————————————————INSPIRASI—————————————————————————

Kiss Me & Merem- Melex

Pergi Kau & Rindu Berat

Cengkraman sang Predator & Sikat

tulusnya kasih ibu & Kapoera

Garuda kecilku

Sumber : FN (Sabdo Bintoro Sudarto ), Kaskus, Wiki