Repair Nokia 1202 Contact Service with ATF

Satu kasus lagi terselesaikan oleh ATF tercinta ini. Nokia 1202 datang dalam kondisi Contact Service. Seperti yang kita tahu masalah Contact Service ini dapat di akibatkan oleh bagian hardware maupun software. Untuk mengatasi masalah ini, langkah efektif yang kita ambil tentunya melakukan check pada bagian softwarenya dulu.

Langkah penanganan yang saya lakukan sebagai berikut :

  1. Jalankan progam AdvanceBox ( saya anggap semua alat sudah terpasang dengan baik dan telah siap di jalankan )
  2. Klik BusCheck untuk memastikan jika hp, box maupun komputer anda sudah terhubung dengan baik dan di lanjutkan SCAN Phone untuk memeriksa bagian software mana yang menyebabkan Contact Service.

    Gambar 1

    Hasilnya ST_SIMLOCK_TEST : FAILED (ATF menginformasikan bagian Simlock rusak )

  3. Oke sekarang kita dah tahu bagian softwarenya ( simlock ) yang rusak jadi kita perbaiki bagian ini dulu. Langkahnya Klik Icon Imei and Locks > Simlock kemudian centang atau isikan kolom yang ada sesuai gambar di bawah, Terakhir klik Process.

    Gambar 2

    Hasilnya dapat di lihat pada gambar 2 di atas yang telah saya jalakan prosesnya. Simlock telah berhasil di perbaiki, Provider dan Block-blocknya sudah terdeteksi dengan baik dan seharusnya hpnya dah normal meskipun dari log di atas saya masih merasa ada yang kurang.Akhz, tanpa pikir banyak saya mencoba menghidupkannya dan ternyata hpnya tidak menampilkan contact serive lagi.Tapi saya masih kurang puas dan saya melakukan pengecekan lebih lanjut dengan memasang kartu simcardnya dan ternyata hpnya restart.

    Normal tanpa kartu simcard, setelah pasang simcard hp hidup mati. Karena permasalah conser tadi di akibatkan simlock jadi saya juga memastikan kalo hp ini melakukan restart akibat rusaknya PM ( Permanen Memory ).

    Repair PM ( Permanen Memory )

    Langkah selanjutnya adalah melakukan write PM. Langkah yang saya lakukan sbb :

    1. Seperti biasa pasang hp kembali, klik BUSCheck dan SCAN Phone.
    2. Selanjutnya masuk klik icon PM/PPkemudian centang seperti gambar 3 di lanjutkan klik Process

      Gambar 3

      Setelah anda klik Process maka akan terbuka jendela baru seperti gambar 3,  silakan anda masukan PM yang sudah di sedikan di AdvanceBox Turbo Flasher > Nokia > PM Files kemudian klik open. Hasilnya :

      Gambar 4PM Upload Done!  Proses berjalan dengan lancar, write PM telah berhasil.

    3. Supaya tidak keluar security code sewaktu di hidupkan dan seperti biasa yang terakhir saya jalankan Tuning/Maintenance. Langkanhya klik Tuning/Maintenance > Reset ALL. Selanjutnya klik Scan Phone untuk melakukan check software. lognya seperti gbr di bawah ini yang menandakan bagian software dah oke/tidak bermasalah lagi.
    4. Gambar 5Terakhir saya coba hidupkan lagi dengan kartu simcard terpasang. Hasilnya hp tersebut sudah normal ( tidak Conser maupun Restart ) Kasus Selesai.Semua langkah di atas tanpa memerlukan koneksi internet.Semoga bermanfaat !